Rabu, 16 Mei 2012

REMAJA MASJID JRUEK GELAR SOSIALIASI PILKADA DAMAI DAN PELATIHAN TAJHIZ MAYAT

Remaja Masjid Al-Mukarramah Kemukiman Jruek Kecamatan Indrapuri bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Kesenian Aceh Islami (LPKAI) mengadakan Sosialisasi Pilkada Damai di Aula BPKB Gampong Lubuk, Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu (25/03/2012). Kegiatan Sosialisasi dengan tema “Mari Mewujudkan Pilkada Aceh Damai sesuai aturan yang b e r l a k u ” i n i d i t u j u k a n u n t u k m e m b e r i k a n a r a h a n k e p a d a masyarakat tentang bagaimana mewujudkan Pilkada yang damai tanpa kekerasan dan intimidasi dalam memilih calon kandidat yang akan memimpin Aceh ke depan. 

Kegiatan ini juga menghadirkan langsung anggota KIP Aceh Besar Fata Muhammad (Divisi Sosialisasi). Dalam kesempatan itu KIP menjelaskan tentang bagaimana cara m e m c o b l o s y a n g b a i k d a n peraturannya berdasarkan petunjuk yang ada agar masyarakat tidak salah dalam memberikan suaranya pada kertas suara. juga dijelaskan tentang siapa-siapa saja yang berhak memilih dalam Pilkada. Selain dari KIP Aceh Besar juga dihadirkan Ust. Samsul B a h r i , M . A g ( D o s e n Fa k u l t a s Ushuluddin IAIN Ar-Raniry Banda Aceh) sebagai Narasumber berikutnya yang menuturkan tentang pemilihan pemimpin yang sesuai dengan hati nurani dan agama islam dan pemilihan yang dilakukan tanpa kekerasan, karena kekerasan dalam pilkada bukan cara baik yang dianjurkan dalam agama islam. 

Hadir pada kesempatan tersebut dua calon kandidat Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar Drs. H. Rusli Muhammad dan Drs. H. Marzuki Yahya, MM, Cawagup Mahya Zakwan, S.Ag. turut hadir Pj Bupati Aceh Besar, Drs Zulkifli Ahmad MM, Muspika Indrapuri, OKP Kepemudaan, Remaja Masjid se Ke c a m a t a n I n d ra p u r i , e l e m e n masyarakat dan peserta lainnya. Sebelumnya di tempat yang sama pada Minggu (18/03/2012) juga diadakan kegiatan yang serupa yaitu S e m i n a r P i l k a d a D a m a i ya n g menghadirkan pemateri DR Fauzi Saleh MA (Dosen IAIN Ar-Raniry) dan Chairul Fahmi, MA (Direktur Aceh Institute) dengan tema ““Menyongsong Pilkada Aceh dengan kedamaian” sebut Ketua Remaja Masjid Jruek Agustiar. 

Pelatihan Tajhiz Mayat 
S e m e n t a r a p a d a M i n g g u (08/04/2012) Remaja Masjid Al- Mukarramah Kemukiman Jruek bekerjasama dengan IKADI Aceh Besar juga mengadakan pelatihan Tajhiz Mayat bagi para pemuda yang ada di kecamatan Indrapuri. Hadir sebagai pemateri ust. Muhammad Syafi'i dari Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) Kabupaten Aceh Besar. Pelatihan ini digelar untuk melatih para generasi m u d a d a n r e m a j a d a l a m mempraktekkan secara langsung caracara melaksanakan fardhu kifayah bagi si mayat yang diharapkan bisa diaplikasikan dalam masyarakat setelah mengikuti pelatihan tersebut n a n t i n ya . I m a m M a s j i d A l - Mukarramah Kemukiman Jruek Drs. Effendi, M.Si dalam sambutannya mengatakan acara ini sangat penting terutama bagi generasi muda, karena sekarang sudah sangat jarang orang yang bisa melakukan tata cara fardhu kifayah terutama memandikan dan mengkafani jenazah kecuali hanya segelintir orang tua yang ada di gampong-gampong, sehingga jika tidak dibina para generasi yang selanjutnya dengan Pelatihan seperti itu maka tidak ada lagi yang bisa melaksanakan tata cara tersebut di masa yang akan datang, sebutnya. Hadir pada kegiatan tersebut para peserta yang di utus dari Remaja Masjid yang ada di kecamatan Indrapuri. (Abr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar